Pertemuan
VII-VIII
Game Simulasi Game Ping Pong dengan
Mengunakan Halaman dan sekaligus mengunakan button(“Simulasi Action Script
Button”)
Layar
Utama(Frame 1) Permainan Game Ping Pong(Frame 2)
Isi Dari
Tombol Exit(Frame 3)
Langkah Pembuatan Layar
Utama
Langkah Pembuatan
-
Buka Adobe Flash 3, sesudah
Lembar Kerja Adobe flash 3
-
Dipojok kanan Ada layer 1 ubah
menjadi Utama
-
Lalu Pilih Warna yang Kita
sukai “Stroke Color dan Fill Color”
-
Buat Rectange Tool dan Buat
Tulisan “Ping – Pong” dan “Karya Fikom
Ti’12” mengunakan Rectange Tool
-
Dan Dua Buah Button (untuk Play dan Exit) dan diambil dari
Windowècommon librariesè Button dan silahkan Pilih Macam button yang disukai
Langkah
kedua Tambahkan Layer Dan Beri Nama Aksi untuk pembuatan atau peletakan Kode
program
//Untuk
tombol Play (kita harus Membuat Mengisikan Nama Instan namenya Contoh =lindung
Lindung.addEventListener(MouseEvent.CLICK,fpy);
function
fpy(e:MouseEvent):void{
gotoAndStop(2);
}
//Untuk
tombol Play (kita harus Membuat Mengisikan Nama Instan namenya Contoh =didin
lindung.addEventListener(MouseEvent.CLICK,aku);
function
aku(e:MouseEvent):void{
gotoAndStop(3);
}
Penjelasan
: Penjelasan Program Ini Jika Ditekan
Tombol Exit Maka akan Memangil atau masuk
Sekaligus keluar dari Form Utama Dan sekaligus Berpindah Ke Frame 3 Dengan Isi Frame “Keluar”
//Untuk
tombol Play (kita harus Membuat Mengisikan Nama Instan namenya Contoh =didin
lindung.addEventListener(MouseEvent.CLICK,aku);
function
aku(e:MouseEvent):void{
gotoAndStop(3);
}
Penjelasan
: Penjelasan Program Ini Jika Ditekan
Tombol Exit Maka akan Memangil atau masuk
Sekaligus keluar dari Form Utama Dan sekaligus Berpindah Ke Frame 3 Dengan Isi Frame “Keluar”
Isi dari Frame 3 Atau Jika di tekan tombol Keluar
Permainan Bola Pingpong Pada Frame 2
Langkah Pembuatan
-
Tambahkan Layer dengan Nama
Layer Bola
-
Buatlah Sebuah Bola Mengunakan
“Oval Tool” Lalu Konversi ke symbol
Dan beri Nama Bola dan Registration Buat Di tengah Artinya Pengukuranya mulai
Dari tengah
-
Dan Buat Sebuah pemukul mengunakan ractange toll di Layer Bola dimana Pemukul ini untuk Komputer dan
konversi ke symbol dengan nama Pemukul dan koding Program untuk Mengerakkan
Pemukul untuk Komputer dan sekaligus
untuk mengatasi Tumbukan Bola
// untuk gerakkan komputer
if (komp.y<bola.y-10)
komp.y=komp.y+10;
else
komp.y=komp.y-10;
//deteksi tubrukan
if (bola.hitTestObject(komp)==true)
xv=xv*-1;
if (bola.hitTestObject(user)==true)
xv=xv*-1;
user.y=mouseY;
-
Tambahkan Lagi layer baru
dengan nama User dan Gambarkan Pemukul mengunakan Ractange Tool dimana Untuk Pemukul User atau Pengguna
-
Dan Buat sebuah Button Exit dan beri Instane nama = lindung dimana
Berfungsi untuk Keluar dari Permainan dan Kembali kelayar Utama, dimana Kode
Programnya sebagai Berikut
lindung.addEventListener(MouseEvent.CLICK,ps);
function
ps(e:MouseEvent):void{
gotoAndPlay(1);
}
//Penjelasan jika ditekan Tombol exit MakaAkan Keluar dari permainan dan
Kembali ke Form Utama. Hasil
Tambahkan
1 Dynamic Text untuk User dan berinama
contoh “scrore” dan 1 Dynamic Teext untuk computer dan beri
nama contohnya “kscore” Berfungsi untuk Memberi Poin Untuk User dan Komputer
Programnya adalah tambahkan koding di Layar Aksi di Frame
//untuk score User
function gerak(e:Event):void{
bola.x=bola.x+xv;
bola.y=bola.y+yv;
//gerakkan
bola ke kanan
if
(bola.x>stage.stageWidth-bola.width/2)
{
upoint++;
scrore.text="Point
: "+upoint;
bola.x=stage.stageWidth-bola.width/2;
xv=xv*-1;
}
//gerakkan bola ke kiri(score
Komputer)
if
(bola.x<bola.width/2)
{
kpoint++;
kscore.text="Point
: "+kpoint;
//gotoAndStop(50);
bola.x=bola.width/2;
xv=xv*-1;
}
Penjelasan : jika user
bisa membalikkan bola ke Komputer maka
Point computer tidak akan bertambah tetapi jika user tidak bisa
membalikkan bola maka point computer bertambah begitu sebaliknya dengan
Komputer Tampak hasil Pada gambar dibawah
//Gabungan Program
lindung.addEventListener(MouseEvent.CLICK,ps);
function ps(e:MouseEvent):void{
gotoAndPlay(1);
}
//ketengahkan posisi bola
var
xv:int=10;
var
yv:int=3;
var
upoint:int=0;
var
kpoint:int=0;
bola.x=stage.stageWidth/2;
bola.y=stage.stageHeight/2;
stage.addEventListener(Event.ENTER_FRAME,gerak);
function gerak(e:Event):void{
bola.x=bola.x+xv;
bola.y=bola.y+yv;
//gerakkan
bola ke kanan
if
(bola.x>stage.stageWidth-bola.width/2)
{
upoint++;
scrore.text="Point
: "+upoint;
bola.x=stage.stageWidth-bola.width/2;
xv=xv*-1;
}
//gerakkan
bola ke kiri
if
(bola.x<bola.width/2)
{
kpoint++;
kscore.text="Point
: "+kpoint;
//gotoAndStop(50);
bola.x=bola.width/2;
xv=xv*-1;
}
//gerakkan bola ke bawah
if (bola.y>stage.stageHeight-bola.height/2)
{
bola.y=stage.stageHeight-bola.height/2;
yv=yv*-1;
}
//gerakkan bola
//gerakkan
bola ke atas
if (bola.y<bola.height/2)
{
bola.y=bola.height/2;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar