Selasa, 03 Februari 2015

PERTEMUAN 1

SIMULASI ADALAH MENIRU SISTEM YANG SEBENARNYA 
1.       Sofware yang di gunakan adalah adobe flash cs 2,3,4,5,6 dll
2.       Buku yang di gunakan
1.       Game theory
2.       Simulation
3.       Game programing
Yang harus di pahami
1.       Objek
·         Gambar
·         Tombol
·         Chip
Sistem himpunan dari sub sistem
Langkah * pembuatan sistem
1.       Identifikasi masalah
2.       Design sistem
3.       Implementasis sistem
4.       Testing sistem
5.       Dokumentasi
6.       Perawatan
Metode pengembangan sistem
1.       SDFC(system development fife cycle
2.       Protipe
3.       RAD
4.       Syirat
5.       Uml
Matei flash
1.        stage (560px X 400p)
2.       Timeline (waktu animasi)
3.       Layer (lapisan,spanduk)
4.       Toolbox (alat* menggambar)
5.       Properties (nilai objek)
6.       Object :                - button
-image
-movie clip
7. action script
Bahasa pemrograman
 Contoh simulasi game model matematika
Kasus


 

Model 1
X = x +vx , vx = 1,2,3,....n
y = y +vy , vy = 1,2,3,....n
1.       Variabel
     Pengenalan nilai bisa di ubah
Contoh
Var x number
X=0;
X= x +10;
Contoh var x : number =100;
Tentang action script
1.       Variabel
2.       Event listener
3.       Fungsi
A.      Variabel
·         Pengenal yang nilainya bisa di ubah-ubah
·         Di deklarasikan dengan kata cadang var
Contoh :
Var a : number ;
Var a : number =10;
 Var a : number = 2 *2 + 10/5;
Var judul string = “session -1 “
Var x int = 5;
Var a : object = new object ();
a.heigh = 50;
a. width =50;
a. caption =”coba”;
mencetak hasil kelayar :
trace(a);
menjumlahkan 2 buah bilangan
c=a +b
var c, b,a : number;
a-5;
b-10;
c=a+b;
trace(“a+b”=+c);
downlaod free sound bird
B.      Event listener
Contoh :
     Stage. addEvent Listener (Mouse Event : click, Gerak);
Stage. addEvent listener (keyboard Event : Up key handler,atas);
Function Gerak (e : Mouse Event) :void
{
//statement
}
Function atas (e : keyboard Event) : void
{
//statement
}
C.      Fungsi
Synax
Function nama (paameter) : tipe hasil)
{
//statement
}
Contoh :
Function jumlah (a,b) : number
Skenario game
1.       Awal


 

Misalnya kta buat bola bergerak
Bola.x=10;
Bola.y=10;
Bola.x=bola.x+x;
If (bola.x>50)
X=x-1;
1.       Posisi bola 50 X50


 

2.       Gerakkan bola ke kanan 5px
Gerakan bola kebawah 3px
3.       Bola.x=0;
Bola.y=0;
Bola .x =50 ; bola.x=bola.width/2;
Bola .y =50 ; bola.y=bola.height/2;
Var xv : int = 5;
Var yv : int =3;
Bola.x=stage.stagewidth/2;
Bola.y=stage.stageheight/2;
Stage. addEventListener(Event.ENTER_FRAME,gerak);
Function gerak (i:Event):void
{
Bola.x=bola.x+xv;
Bola.y=bola.y+yv;
Tugas
1.        Jelaskan pengertian model
2.       Sebutkan jenis-jenis model jelaskan kelebihan dan kekurangannya
3.       Jelaskan pengertian simulasi
4.       Cari di interner jenis jenis simulasi
5.       Buatlah game untuk memukul objek yang bergerak di tengah layar jika 3 kali pukulan tidak mengenai objek maka poin user berkurang 10 jika user  mengenai  bola maka poin bertambah 10 poin awal use 100 bola bergak secara bebas.
Event
Mouse : click,double click,drag,drop
Keyboard :          fungsi F1,F2...F12.
                                Non fungsi a-z spesial karakter

Tidak ada komentar: