Latihan  Deteksi Tubrukan Dari sebuah Objek
1.      
Aktifkan Adobe Flash Cs3
2.      
Pilih Flash File Action Script
3
3.      
Klik OK
4.      
 Pada layar 1 
kita ganti namanya Menjadi Bola
Disini kita mengambarkan
objek namanya bola dan Pemukul dan 
jadikan movie clip dengan nama bola 
dan pemukul mengunakan Rectange toll dan diberi nama Pemukul caranya
selection bola dan klik kanan convert to symbol dan beri namanya bola, begitu
juga sama pemukul 
5.      
Setelah selesai kita objek bola
kita jadikan movie clip maka kita beri instan name nya =”bola” dan pemukul beri
nama =”pemukul”
Dengan cara selection
objek bola dan lihat pojok bawah ada penulisan instan name tampak pada gambar
 
 
6.      
Sekarang kita menambahkan layar
dan kita beri namanya action script, fungsinya disini kita memasukkan kode
program tersebut

Maka di action script kita
menekan F9 di keyboard dan masukkan Kode program dibawah ini
var  xv:int=10;
var  yv:int=3;
var  upoint:int=0;
var  kpoint:int=0;
bola.x=stage.stageWidth/2;
bola.y=stage.stageHeight/2;
stage.addEventListener(Event.ENTER_FRAME,gerak);
function
gerak(e:Event):void{
                bola.x=bola.x+xv;
                bola.y=bola.y+yv;
                //gerakkan bola ke kanan
                if
(bola.x>stage.stageWidth-bola.width/2)
                 {
      bola.x=stage.stageWidth-bola.width/2;
                 
xv=xv*-1;
                 }
                //gerakkan bola ke kiri
                if (bola.x<bola.width/2)
                 
{
                                //gotoAndStop(50);
                                bola.x=bola.width/2;
                    xv=xv*-1;          
                 
}
                 //gerakkan bola ke bawah
                 if (bola.y>stage.stageHeight-bola.height/2)
                 
{
                                  bola.y=stage.stageHeight-bola.height/2;
                                  yv=yv*-1;
                 
}
                 
//gerakkan bola ke atas
                 
if (bola.y<bola.height/2)
                 
{
                                  bola.y=bola.height/2;
                                  yv=yv*-1;
                 
}
                   //deteksi tubrukan
                 
if (bola.hitTestObject(pemukul)==true)
                   xv=xv*-1;
                 
pemukul.y=mouseY;
}
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar