Selasa, 03 Februari 2015

Pertemuan 4 dan 5

Latihan  Deteksi Tubrukan Dari sebuah Objek
1.       Aktifkan Adobe Flash Cs3

2.       Pilih Flash File Action Script 3
3.       Klik OK

4.        Pada layar 1  kita ganti namanya Menjadi Bola
Disini kita mengambarkan objek namanya bola dan Pemukul dan  jadikan movie clip dengan nama bola  dan pemukul mengunakan Rectange toll dan diberi nama Pemukul caranya selection bola dan klik kanan convert to symbol dan beri namanya bola, begitu juga sama pemukul
5.       Setelah selesai kita objek bola kita jadikan movie clip maka kita beri instan name nya =”bola” dan pemukul beri nama =”pemukul”
Dengan cara selection objek bola dan lihat pojok bawah ada penulisan instan name tampak pada gambar
6.       Sekarang kita menambahkan layar dan kita beri namanya action script, fungsinya disini kita memasukkan kode program tersebut
Maka di action script kita menekan F9 di keyboard dan masukkan Kode program dibawah ini
var  xv:int=10;
var  yv:int=3;
var  upoint:int=0;
var  kpoint:int=0;
 
bola.x=stage.stageWidth/2;
bola.y=stage.stageHeight/2;
stage.addEventListener(Event.ENTER_FRAME,gerak);
function gerak(e:Event):void{
                bola.x=bola.x+xv;
                bola.y=bola.y+yv;
                //gerakkan bola ke kanan
                if (bola.x>stage.stageWidth-bola.width/2)
                 {
      bola.x=stage.stageWidth-bola.width/2;
                  xv=xv*-1;
                 }
                //gerakkan bola ke kiri
                if (bola.x<bola.width/2)
                  {
                               
                                //gotoAndStop(50);
                                bola.x=bola.width/2;
                    xv=xv*-1;         
                  }
                 //gerakkan bola ke bawah
                 if (bola.y>stage.stageHeight-bola.height/2)
                  {
                                  bola.y=stage.stageHeight-bola.height/2;
                                  yv=yv*-1;
                  }
                  //gerakkan bola ke atas
                  if (bola.y<bola.height/2)
                  {
                                  bola.y=bola.height/2;
                                 
                                  yv=yv*-1;
                  }
                   //deteksi tubrukan
                 
                  if (bola.hitTestObject(pemukul)==true)
                   xv=xv*-1;
                  pemukul.y=mouseY;
}

Tidak ada komentar: